Cara Praktis Membuat Aromaterapi

Cara Praktis Membuat Aromaterapi

Aromaterapi sangat mudah di jumpai di pasaran, namun tak kala produk tersebut dibuat tidak dibuat dengan bahan alami atau herbal asli, melainkan dengan adannya campuran bahan lainnya. Bagi pengguna aromaterapi untuk kesehatan pasti akan berpengaruh karena tidak akan mendapatkan hasil maksimal dari fungsi aromaterapi untuk kesehatan tersebut. 

Apa itu Aromaterapi?

Aromaterapi adalah sebuah istilah generik untuk salah satu jenis pengobatan alternatif yang menggunakan bahan berbahan cairan tanaman yang mudah menguap, dikenal sebagai minyak esensial, dan senyawa aromatik lainnya dari tumbuhan yang dimana bertujuan untuk memengaruhi suasana hati atau bahkan kesehatan lainnya kesehatan seseorang. - id.wikipedia.org

Baca Juga:

Cara Membuat Aromaterapi Alami

Sebenernya mudah untuk cara membuat aromaterapi sendiri dirumah. Yang dimana anda bisa memakai bahan bahan yang tentunya alami karena di pilih oleh anda sendiri, namun banyak orang tidak tahu menggenai cara membuat aromaterapi dari bahan alami tersebut. maka dari itu kami bimamedia.com ingin memberikan sedikit tips cara membuatnya sebagai berikut.

Antibakteri

Hampir semua minyak dari tanaman berkhasiat sebagai anti bakteri, hanya berbeda pada kekuatannya saja. Salah satunnya yaitu minyak eukaliptus sebagai antibakteri ruangan yang paling banyak di produksi di Australia. 

Teteskan saja minyak eukaliptus langsung ke burner atau anglo untuk minyak yang banyak dijual di gerai swalayan. Tuangkan air pada mangkok kecil dibagian atas burner, beri beberapa tetes minyak, lalu nyalakan lilin. 

Setelah air menjadi panas, uap minyak eukaliptus akan memenuhi ruangan. ini adalah cara cukup efektif untuk mengurangi kuman didalam ruangan, mencegah gangguan saluran napas, termasuk flu, batuk dan pilek. bisa juga untuk aromaterapi untuk bayi flu

Mengusir serangga

Minyak sereh sangat cocok untuk memberantas serangga yang sering merepotkan. Seperti nyamuk, kecoak, semut dan lain sebagainnya. Cara membuat aromaterapi penggusir serangga sebagai  berikut. Cara, Ambil minyak sereh wangi yang asli, masukkan ke dalam burner elektrik dan pasang dikamar tidur atau tempat yang banyak nyamuk. Dalam waktu tidak lama anda akan terbebas dari nyamuk dan tentunnya saja kecoak serta jenis serangga lain.

Bisa juga memasukkan minyak sereh wangi kedalam botol semprot kecil, kemudian semprotkan pada bagian tangan dan kaki, pasti nyamuk tidak akan menhinggapi anda. 

Jika tidak mau repot anda bisa membeli daun sereh wangi segar lalu potong dan iris tipis, lalu letakan pada sudut ruangan. seperti ruang makan dan lainnya sebagainya. Tentunnya untuk mendapat hasil yang efektif anda akan membutuhkan daun sereh yang cukup agar hasil lebih maksimal.

Cara Membuat Aromaterapi Untuk Insomnia

Insomnia(sulit tidur) pasti semua orang pernah mengalaminya yaitu membuat semua organ vital menjadi tidak dapat berintirahat seperti otot bahkan otak. Yang akibatnnya membuat timbul rasa gelisah dan emosi yang sulit dikendalikan dan ini adalah awal dari gangguan kesehatan. Minyak pala dan lavender asli adalah salah satu contoj solusi alami untuk mengatasi insomnia. 

Cara yang paling efektif untuk mengatasi insomnia yaitu dengan dipijit seluruh tubuh menggunkan 10 militer minyak pala yang dicampur dengan 10 tetes minyak zaitu selama satu jam, tentunya oleh ahli pijat. 

Namun ada cara lainnya, yaitu denga cara siapkan kamar tidur yang bersih dengan suhu penyejuk ruangan yang tidak terlalu rendah, dan cahaya lampu yang temaram. sebelum tidur pakailah pakaian tidur yang bersih dan terbuat dari bahan yang nyaman, siapkan satu carik saputangan kecill yang ditetesi minyak pala atau lavender. 

Berbaringanlah dan letakkan saputangan didaerah dada, uap minyak akan terhirup dan menghantarkan tidur. pada orang terntentu, perlu waktu 2-3 kali sebelum benar benar merasakan khasiat anti insomnia ini.

Cara Membuat Aromaterapi Pewangi Ruangan

Membakar dupa sebagai pewangi ruang di rumah merapakan tradisi turun temurun. Sayangnya, generasi sekarang tidak terlalu menyukainnya dupa dibuat dari bahan yang menganduk minyak atsiri. Membakar dupa akan meningkatkan kesehatan tubuh. Kerjannya langsung melalui hidung ke pusat otak.

Kalau anggota keluarga tidak suka, cobalah sedikit demi sedikit untuk memperkenalkan bau dupa. Pilih dupa yang berkualitas dan pastikan tidak ada tambahan minyak yang tidak asli.

Cara Membuat Aromaterapi Dari Kulit Jeruk

Selain dimakan jeruk juga bisa digunakan sebagai aromaterapi loh, bagi yang menyukai aroma jeruk segar atau citrus, lilin kulit jeruk bisa menjadi pilihan tepat sebagai aromaterapi loh, berikut yang perlu anda siapkan untuk membuat aromaterapi tersebut.
  • Jeruk
  • Pisau
  • minyak canola, minyak sayur, atau minyak zaitun
  • Lilin
Cara Membuat:
Pertama belah jeruk menjadi dua bagian, kemudian keluarkan isinya jangan sampai kulit jeruk terpotong. setelh bersih, isi 3/4 bagian dalam kulit jeruk dengan minyak yang telah disiapkan, setelah itu diamkan minyak selama sekitar 45 menit supaya meresap. Lalu gunakan pematik lilin untuk menyalakan jeruk dengan langsung menyalakan bagian dalam batang. anda perlu memanaskan batangnya selama 2-3 menit.

Nah diatas adalah beberapa cara membuat aromaterapi alami sendiri yang dapat anda lakukan sendiri dirumah. gampang bukan untuk membuatnya jadi jangan sungkan untuk mencobannya dari pada beli di pasaran yang belum tentu kealamiannnya anda bisa membuatnnya sendiri dan jelas alami bukan. oke langsung saja dicoba semoga bermanfaat dan berguna apabila bermanfaat silahkan share ke teman teman anda. 

Belum ada Komentar untuk "Cara Praktis Membuat Aromaterapi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel