Pembahasan Bahasa Pemrograman C++ Secara Lengkap

Pembahasan Bahasa Pemrograman C++ Secara Lengkap

Pada artikel ini sobat lorong ingin membagikan artikel mengenai pembahasan bahasa pemrograman c++ secara lengkap dan tuntas. Bagi anda yang sedang belajar bahasa pemrograman c++ tidak salah lagi mampir di blog ini. Karena kami akan membahas tuntas mengenai bahasa pemrograman c++ mulai dari nol. Berikut ini materi yang akan kami sampaikan dibawah ini.

Daftar Isi Pembahasan Bahasa Pemrograman C++ Secara Lengkap

  1. Pengenalan Bahasa Pemrograman C++
  2. Struktur dan Bagian Dasar Bahasa Pemrograman C++
  3. Penulisan Bahasa Pemrograman C++
  4. Pendeklarasian Variabel dan Konstanta Bahasa Pemrograman C++

Di atas adalah materi yang akan kami sampaikan kepada sobat lorong yang sedang belajar bahasa pemrograman c++. Semoga dengan adanya artikel ini sobat lorong dapat mengerti dan belajar dengan benar. Oke langsung saja menuju ke pembahasan pertama. Simak sebagai berikut.

#1. Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

1. Sejarah dan Pengertian Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ adalah bahasa pemrograman yang diciptkan oleh Bjarne Stoustrup, Yang dimana bahasa ini dikembangkan di awal tahun 1980-an di AT&T Bell Laboratories sebagai C yang di percanggih dengan fasilitas class, Pada waktu itu bahasa tersebut disebut bahasa C dengan class atau (C with Class). Pada tahun 1983-1984, C with Class disempurnakan lagi dengan menambah fasilitas pembeban lebihan operator dan fungsi yang dimana kemudian melahirkan bahasa C++ tersebut. Kenapa dinamai C++ karena Bahasa pemrograman ini mengalami penambahan dan pengembangan secara bertahap sehingga memunculkan bahasa pemrogram c yang lebih baik dan canggih. 

#2. Struktur dan Bagian Dasar Bahasa Pemrograman C++

Pada bagian ini kami akan menjelaskan Struktur dan Bagian Dasar dari bahasa pemrograman C++. Dalam setiap bahasa pemrograman memiliki struktur dan bagian dasar tersendiri. Seperti layaknya bahasa C++ ini mempunyai struktur dasar sebagai berikut.

Pada struktur code dibawah ini hasil sama namun dalam penulisannnya saja berbeda simak


kedua kode diatas mengeluarkan output yang sama namun dalam penulisannnya berbeda yang atas terhadap bawah. Sebelum masuk lebih dalam perlu di ketahui dulu mengenai header dan main() mari simak dibawah ini.

Header adalah bagian dimana kita akan memasukan library yang ada pada bahasa pemrograman C++ ke code program. 

Pada code program di atas diawali dengan #include <iostream> maksudnya apa, berikut kami jelaskan.

Tanda "#" adalah Preporcessor Directive. Preporcessor Directive merupakan perintah – perintah yang dimana diberikan kepada compiler untuk melakukan definisi, memasukkan file library. Jadi seperti pada contoh di atas yaitu #include <iostream> merupakan dimana kita memanggil library iostream(input dan output) untuk dimasukan ke dalam kode program kita. 

using namespace std yaitu memberitahukan kepada kompiler bahwa kita akan menggunakan fungsi dan segala macam dari memori namespace std. Jadi kita tidak perlu lagi mengetikan std::cout melainkan kita dapat menuliskan cout saja karena kita telah menggunakan using namespace std tersebut. 

main() adalah sebagai badan sebuah alur kondingan atau disebut sebagai program utama dalam program yang kita buat menggunakan bahasa pemrograman C++ yang dimana ditulis dari { hingga }.

 #3. Penulisan Bahasa Pemrograman C++

Pada penulisan bahasa C++ menggunakan case sensitive. Yang artinya, C++ akan membedakan mana huruf kecil dan kapital.

#4. Pendeklarasian Variabel dan konstanta Bahasa C++

Dalam mendeklarasikan variabel yaitu dengan cara mendeklarasikan tipe data terlebih dahulu setelah itu baru di ikuti dengan nama variabelnya.

nah sedangkan untuk mendeklarasikan konstantan yaitu menggunakan const diikuti dengan tipe data lalu nama variabel dan value/nilai tersebut.


Cukup sekian dulu mengenai artikel Pembahasan Bahasa Pemrograman C++ Secara Lengkap Kami berikan kepada anda semua, apabila banyak kekurangan dan kesalahan bisa komen dibawah ya sobat lorong dan apabila ingin bertanya mengenai bahasa pemrograman c++ bisa komen di kolom komentar oke sekian dan terimakasih

Belum ada Komentar untuk "Pembahasan Bahasa Pemrograman C++ Secara Lengkap"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel