8 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Benar

Telinga merupakan organ penting yang mampu mendeteksi/mengenal suara dan banyak berperan dalam keseimbangan dan keadaan posisi tubuh. Selain menjaga kesehatan tubuh telinga juga perlu di rawat dan dijaga loh supaya kesehataan pendengaran kita tetap sehat dan terjaga dengan benar, nah maka dari itu bimamedia.com ingin memberikan informasi cara menjaga kesehatan telinga atau pendengaran.
Cara Menjaga Kesehatan Telinga

Fungsi Telinga

Secara umum, telinga memiliki 2 fungsi yaitu sebagai indera pendengaran dan sebagai pengatur keseimbangan. 
1. Telinga Sebagai Pengatur Keseimbangan
2. Telinga Sebagai Indera Pendengaran

Cara Kerja Pendengaran Telinga

Setiap organ yang terdapat di tubuh memiliki cara kerja berbeda beda seperti layaknya telinga memiliki cara kerja yang berbeda sebagai berikut.

CARA KERJA TELINGA
1. Suara ditangkap di daun telinga lalu diarahkan melalui saluran telinga
2. Getaran suara yang ditangkap gendang telinga akan diteruskan ke telinga tengah
3. Getaran diteruskan oleh tulang – tulang sanggurdi menuju jendela rumah siput
4. Rumah siput lalu menghantarkan getaran melalui cairan yang memenuhi rumah siput sehingga getaran dapat ditangkap oleh sel – sel saraf rambut getar dalam rumah siput
5. Sel – sel saraf rambut getar di rumah siput menghantarkan sinyal listrik yang berakibat getarannya ke saraf pendengaran
6. Saraf pendengaran lalu menghantarkan sinyal listrik ke otak
7. Otak kemudian menerjemahkan sinyal listrik sebagai sensasi bunyi

Baca Juga

Nah diatas adalah beberapa informasi mengenai fungsi telingan dan cara kerja dari pendengaran telinga, lalu bagaimana cara menjaga kesehatan telinga. Berikut kami berikan informasinya semoga bermanfaat bagi anda.

Cara Menjaga Kesehatan Telinga

#1. Bersihkan setiap hari
Telinga setidaknya silahkan bersihkan 1-2 kali sehari. bersihkan saja pada daun telinga dengan air bersih dengan campur dengan sedikit baby oil atau dengan kain basah.

#2. Hindari pemakaian cutton bud
Meskipun fungsi utama dari cutton bud adalah untuk membersihkan kotoran dalam telingan, namun sebaiknya hindari saja karena bisa saja kotoran yang berada di telinga bisa masuk kedalam saat anda menggunakan cutton bud. maka dari itu untuk membersihkan atau mengankat kotoran yang berada di dalam lebih baik konsultasi ke dokter ahli saja.

#3. Hindari Telinga dari Suara Keras
Supaya kesehatan telinga terjaga, hindari sumber suara keras dalam jangka waktu yang panjang. Karena dengan mendengarkan suara keras jangka panjang dapat mempengaruhi pendengaran bahkan bisa membuat anda tuli. Apabila anda bekerja di pabrik yang bising atau tempat yang bersumber suara keras sebaiknya memakai pelindung telinga.

#4. Kurangi Penggunaan Headset
Bagi anda yang sering mendengarkan musik menggunakan headset atau sejenisnya sebaiknya dikuringi karena dengan pemakaian headset setiap hari dalam jangka waktu panjang dapat mengurangi atau mempengaruhi kesehatan dari telinga anda.

#5. Jangan meneteskan air
Kegiatan ini sering terjadi ketika telinga kita kemasukan air, lalu kita meneteskan air ke telingi supaya memancing air didalam keluar dari telinga. Namun ternyata kebiasaan ini berbahaya bagi pendengaran. terus caranya mengeluarkan air di dalam telinga bagamana? caranya yaitu tinggal memiringkan telinga sambil menarik daun telinga supaya air yang didalam dapat keluar.

#6. Periksakan ke THT
Jika anda merasa pendengaran anda tidak sehat atau bermasalah jangan sekali kali mengobati sendiri, lebih baik periksa ke dokter ahli supaya anda mendapat pengobatan yang benar.

#7. Secara Alami
kegiatan seperti mengunyah ternyata juga bisa menjaga kesehatan dari telinga kita loh. Kegiatan mengunyah makanan dapat membantu pada sirkulasi pengeluaran kotoran telinga secara alamiah.

#8.  Jaga Telinga Agar Tetap Kering
Jagalah kelembapan dari telinga supaya bakteri tidak dapat masuk ke saluran telinga, karena pada situasi ini sering tidak kita sadari menyebabkan iritasi pada telinga kita. maka dari itu selalu jaga telinga anda dalam keadaan kering supaya bakteri tidak masuk ketelinga.

demikan artikel mengenai cara menjaga kesehatan telinga, jadi kesimpulannya selalu jaga kesehatan telinga anda karena telinga merupakan organ yang sangat berfungsi bagi anda semua untuk mendengarkan dan menjaga keseimbangan tubuh. bersyukurlah anda sudah diberi nikmat bisa mendengarkan maka dari itu rawat lah kesehatan telinga anda. 

Belum ada Komentar untuk "8 Cara Menjaga Kesehatan Telinga Dengan Benar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel