6 Cara Alami Menjaga Kekebalan Tubuh

Suhu udara pada akhir akhir ini sangat tidak bisa di tebak kadang panas kadang dingin, yang dimana dengan keadaan seperti ini kekebalan tubuh sangat rentan sehingga mudah sekali terkena penyakit. Bagi mereka yang mengidap gangguan kesehatan kronis, seperti diabetes, gagal ginjal, gangguan fungsi jantung, stroke dan lain lain, cuaca seperti ini bisa membuat kondisi kesehatan semakin parah.
6 Cara Alami Menjaga Kekebalan Tubuh
6 Cara Alami Menjaga Kekebalan Tubuh
Apa yang perlu kita lakukan? yang pasti yaitu dengan menjaga kekebalan tubuh kita agar tidak melemah, karena begitu saat kekebalan tubuh melemah penyakit sangat mudah menyerang kita.

Apa saja tanda melemahnya sistem kekebalan tubuh kita? tandanya adalah rasa leelah yang berkepanjangan, demam yang diikuti hidung berair, sakit kepala, persendian nyeri, makin sering kena infeksi umpama flu, rambut rontok lebih banyak, kadang juga kulit terasa gatas seperti alergi. nah terus bagaimana cara menjaga kekebalan tubuh anda?

Coba ikuti beberapa saran dibawah ini untuk menjaga kekebalan tubuh anda:

  • Jangan Mengabaikan Nutrisi


Agar kekebalan tubuh anda terjaga dengan baik, maka cukupilah kebutuhan vitamin dan mineral anda setiap hari. Contoh, sering seringlah mengkonsumsi makanan yang mengangandung berbagai vitamin seperti vitamin A,B2, B6, C, D dan juga E, karena vitamin tersebut sangat penting buat daya tahan tubuh anda atau kekebalan tubuh anda. 

Bagi yang mereka sudah memiliki kesehatan yang prima, tentunya tidak selalu perlu mengkonsumi suplemen vitamin sering, cukup dengan mengonsumi makanan yang kaya dengan gizi contohnya susu, telur dan pengantinya bagi vegatarian.

  • Wedang Jahe

Minuman wedang jahe ini sudah sangat populer alias terkenal di masyarakat indonesia, yang dimana terdapat banyak sekali khasiat dari wedang jahe ini. Bahkan secara turun temurun jahe terbukti cocok mengatasi mual, muntah, demam dan gejala flu lainnya. 

Cara penyajiannya juga terbilang sangat mudah, pilih jahe yang sehat, bersihkanm tumbuk kasar dan rebus dengan air. Setelah itu, dapat langsung dihidangkan.

  • Konsumsi Sayuran Berwarna Hijau Gelap


Banyak Banyaklah anda mengonsumsi sayuran hijau dari kelompok suku Cruciferae. Contohnya kubis, brokoli, kale yang dimana dapat menopang fungsi liver sebagai alat yang menjamin proses pengeluaran racun dari dalam tubuh kita. 

Selain itu, anda bisa mencoba sayuran hijau lainnya yang tumbuh subur di negeri kita tercinta ini, seperti kenikir yang sering terabaikan, yang ternyata sayuran ini kaya dengan vitamin C dan berkhasiat sebagai penjaga kesehatan sel. Ternyata khasiat kenikir tidak hanya itu, kenikir juga berkhasiat sebagai anti diabetes, hipertensi, radang, bakteri serta pelindung tulang.

  • Jamur


Di Cina sana mempercayai bahwa jenis jamur Lingzhi atau Ganoderma lucidum sebagai obat untuk mendongkrak kekebalan tubuh. karena dua jenis jamur tersebut mengangdung zat zat yang berguna untuk mendongkrak kekebalan tubuh kita.

Jamur Lingzhi juga memiliki protein yang kualitasnya baik, lemak, karbohidrat, vitamin, mineral kalium, dan tembaga. Untuk itu, pastikan kita mendapatkan jamur lingzhi yang asli dan usahakan konsumsi secara teratur.

  • Ramuan Herbal Kunyit

Warna kuning pada kunyit merupakan adanya petunjuk zat yang bekerja sebagai anti radang dan membantu mencegah penyakit. Bagi mereka yang sudah menginjak usia 40 tahun ke atas, karena kunyit sangat efisien untuk mencegah penyakit seperti kanker, ganguan nyeri sendi dan penyakit saraf pusat seperti alzheimer.

Cara membuat ramuan herbal kunyit sendiri cukup mudah, hanya dengan menumbuk kunyit hingga halus dengan penambahan air sedikit demi sedikit, kemudian saring. Selanjutnya. Minuman kunyit asam siap di konsumsi satu gelas setiap seminggu 3 kali.

  • Rutin berolahraga


Orang yang jarang beraktivitas dan lebih sering menghabiskan waktunya hanya dengan duduk duduk dan bermalas malasan, terbukti lebih sering mudah terserang dengan flu atau penyakit menular lainnya. maka dari itu saya sarankan untuk beraktifitas rutin entah jalan keliling komplek atau olahraga ringan karena dengan beraktifitas seperti olahraga bisa meningkatkan kebugaran tubuh dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh anda serta mengahalau tubuh dari berbagai penyakit dan infeksi.

menurut saya cukup seperti itu cara alami menjaga kekebalan tubuh kita agar tidak mudah terserang penyakit atau infeksi saat keadaan musim atau cuaca yang tidak tentu.

Terimakasih telah mengunjungi 
Sabinara Kesehatan
jangan lupa share dan komen


Artikel di kutip dari : Nyata "Prof. Dr. Mangestuti Agil, MS., Apt."

Belum ada Komentar untuk "6 Cara Alami Menjaga Kekebalan Tubuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel