Pengertian Kerjasama dan Bentuk Kerjasama

Pengertian Kerjasama Secara Umum

Apa itu kerjasama atau cooperation? Pengertian Kerjasama adalah kegiatan yang dilakukan dua orang atau lebih dan memiliki tujuan atau target yang dimana sebelumnya telah di rencanakan dan disepakiti bersama sama. 
Pengertian Kerjasama dan Bentuk Kerjasama


Manusia itu merupakan mahkluk sosial, artinya manusia tidak dapat hidup sendiri tapi harus berdampingan dengan manusia lainnya. Seperti halnya kerjasama manusia memerlukan bantuan atau meliki pemikiran yang sepaham dan mengajak manusia lain untuk saling membantu dan bekerjasama untuk mencapai tujuan atau target yang telah di rencanakan secara bersama sama. 

Kerjasama merupakan interaksi yang sangat penting bagi manusia karena manusia merupakan mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lainnya.

Kerjasama dapat berlangsung jika kedua individu yang bersangkutan memiliki kepentingan /tujuan yang sama dan juga memiliki kesadaran untuk bekerja sama dalam mencapai kepentingan atau tujuan mereka.

Pengertian Kerjasama Menurut Para Ahli

Berikut ini kami berikan informasi mengenai pengertian kerjasama menurut para ahli:

#1. Moh. Jafar Hafsah

Menurut Moh. Jafar Hafsah kerjasama (kemitraan), yaitu suatu strategi bisnis yang dilakukan oleh dua orang bahkan lebih dalam jangka waktu tertentu untuk mencapai keuntungan secara bersama sama dengan prinsip saling membesarkan dan membutuhkan. 

#2. Pamudji

Menurut Pamudji, Kerjasama adalah pekerjaan yang dilakukan oleh dua pihak atau lebih yang melibatkan interaksi antar individu dalam bekerja sama mencapai terwujudnya tujuan yang dinamis. Menurut ia dalam kerjasama terdapat 3 unsur yaitu adanya individu, adanya interaksi dan adanya tujuan yang sama. 

#3. Charles H. Cooley

Menurut ahli Charles H. Cooley, Kerjasama akan terjadi apabila orang tersebut menyadari bahwa mereka memiliki kepentingan yang sama sekaligus memiliki ilmu pengetahuan yang cukup dan juga sadar atau diri sendiri untuk melakukan kepentingan tersebut. 

#4.  H. Kusnadi 

H. Kusnadi berpendapat bahwa kerjasama yaitu dua orang atau lebih yang melakukan aktifitas secara bersama sama dilakukan dengan terpadu diarahkan menuju targat atau tujuan tertentu.

#5. Rosen

Menurut Pendapat Rosen, pengertian kerjasama adalah suatu sumber yang dianggap efisien dalam bentuk sebuah kualitas pelayanan terutama dalam konteks kerjasama bidang ekonomi yang terkhusus jual beli.

#6.  Thomson dan Perry

Thomson dan Perry, pengertian kerjasama adalah suatu kegiatan yang memiliki beberapa tingkatan berbeda dari tahapan koordinasi juga kooperasi sampai dengan terjadinya suatu kolaborasi dalam suatu kegiatan kerjasama.

Macam Macam Bentuk Kerjasama

Kerjasama memiliki banyak bentuk yang dapat anda temui saat ini antara lain sebagai berikut. 

  • Joint Venture
Join Venture adalah Kerjasama untuk mengerjakan proyek proyek tertentu dengan sistem patungan yang di lakukan oleh beberapa orang supaya dapat cepat terselesaikan dan juga tujuan cepat tercapai. 
Manfaat Joint Venture:
1. Mendapatkan modal dari asing
2. Mendapat pengalaman lebih banyak dari manejemen pasar luar negeri
3. Mudah menggunakan mitra lokal, Karena pihak asing lebih mudah menjangkau pasar domestik.
4. Pembatasan resiko
5. Pembiayaan
6. Menghemat tenaga
7. Rentabilitas
8. Kemungkinan optimasi know-how
9. Kemungkinan pembetasan kongkruensi (saling ketergantungan)

  • Cooptation
Cooptation adalah proses penerimaan unsur baru dalam suatu kepemimpinan dalam suatu organisasi, sebagai salah satu cara dalam menghindari akan terjadinya kegoncangan dalam suatu organisasi bersangkutan. 

  • Koalisi atau Coalition
Koalisi adalah gabungan antara dua lembaga organisasi ataupun lebih yang memiliki tujuan sama, dan mereka menjalin kerjasama untuk mencapai tujuan tersebut.

  • Bagi Hasil
Jenis bentuk kerjasama yang ini merupakan bentuk yang paling sederhana. Biasanya bentuk kerjasama ini dilakukan oleh bisnis kecil atau perorangan. Seperti kita mengajak orang untuk menjadi pemodal dan sepakat dengan sistem bagi hasil seperti pertama kali kesepakatan. 

  • Bargaining

Bargaining adalah perjanjian pertukaran barang atau jasa antara dua orang atau organisasi atau lebih.

  • Atas Dasar Kerukunan

Maksud dari atas dasar kerukunan yaitu kerjasama yang di dasari dengan sebuah kerukunan sesama manusia, Biasanya suatu kerjasama yang di dasari oleh kerukunan tidak di harapkan imbalan ataupun juga upah.

Contoh Kerjasama

  • Kerjasama di Masyrakat
Kerja sama dalam masyarakat sangat banyak sekali anda temui, seperti contohnya kerjasama berdasarkan kerukunan masyarakat yaitu gotong royong. Dalam kerjasama gotong royong ini di dasari oleh kerukunan dan mempunyai tujuan yang sama untuk membuat lingkungan masyarakat tetap aman, bersih dan tentunya menjaga kerukunan dari masyarakat sekitar. 
  • kerjasama di bidang ekonomi
Contoh kerjasama di bidang ekonomi juga banyak sekali salah satu contohnya yaitu Membuka Pusat Promosi ASEAN untuk perdagangan, investasi dan pariwisata di Tokyo Jepang, mendirikan daerah perdagangan bebas antarnegara anggota Eropa Barat dan Menyelenggarakan pembangunan proyek-proyek industri ASEAN

Nah cukup sekian, dengan mengetahui pengertian kerjasama, manfaat dan bentuk kerjasama setidaknya anda lebih mudah dalam menentukan jenis kerjasama yang akan anda bina di kemudian hari. Semoga Bermanfaat!

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kerjasama dan Bentuk Kerjasama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel