23 Destinasi Wisata di Jogja Yang Wajib Anda Kunjungi

Jogja merupakan daerah istimewa yang sekaligus merupakan sebuah provinsi yang berada di Indonesia. Jogja merupakan salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang memikat para wisatawan lokal maupun luar negeri. Terus apa sih yang membuat jogja menjadi salah satu destinasi wisata menarik untuk di kunjungi.

Destinasi wisata di jogja sendiri di bilang tidak ada habisnya, kalau di ibaratkan destinasi jaman dulu hingga jaman sekarang secara terus menerus bertambah tidak ada habisnya. Semisal Kraton, Malioboro, Prambanan, Borobudur merupakan ikonik destinasi wisata jogja yang wajib pertama kali dikunjungi di Daerah Istimewa Yogyakarta ini.

Hingga saat ini destinasi wisata di jogja terus bertambah dari destinasi yang cocok untuk kaum para pemuda maupun yang sudah tua terus bermunculan. Dari wisata jogja hits sampai tempat wisata jogja malam hari banyak sekali. Dan sekali lagi destinasi wisata jogja lainnya yaitu pantai terutama di pantai area gunung kidul disana merupakan sarang destinasi wisata pantai di jogja yang wow pokoknya!!!.
Baca Juga:
Nah berikut adalah 22 destinasi wisata di jogja yang lagi hits dan kekinian, Seru Abis!
  • Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang
Air Terjun Kedung Kandang

Air Terjun Kedung Kandang ini terletak di Nglanggeran Kulon, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Air terjun ini merupakan salah satu destinasi air terjun favorit di jogja.

Air Terjun Kedung Kandang selain memiliki keindahan dan pesona yang memanjakan mata, ternyata air terjun ini memiliki keunikan tersendiri yaitu memiliki 6 tingkatan air terjun yang membuat destinasi wisata jogja yang ini menjadi salah satu favorit para kaum pemuda untuk memenuhi galeri instagramnya, karena tempat ini sangat instagramable.
  • Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo
Pantai Wedi Ombo

Seperti pada informasi di atas ini merupakan salah satu destinasi pantai di yogyakarta atau lebih tepatnya di kabupaten Gunung kidul. Pantai Wedi Ombo ini terletak di Jepitu, Girisubo, Pendowo, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Pantai ini merupakan salah satu favorit dari para wisatawan saat berkunjung ke yogyakarta, apalagi para pemburu sunset soalnya sunset di pantai ini sangat indah, cocok untuk berfoto dan spot hunting foto. Pantai ini juga sebagai spot camping.

Pantai Wedi Ombo buka setiap hari selama 24 jam.
  • Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang
Curug Luweng Sampang terletak di Jalan Juminahan, Sampang, Mongkrong, Sampang, Gedang Sari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55863, curug ini buka setiap hari selama 24 jam.

Curug ini memiliki karakteristik seperti curug yang berada di destinasi wisata bandung yang sudah saya tulis sebelumnya, yaitu memiliki karakteristik bebatuan greencanyon loh, pokoknya unik dah curuq ini.
  • Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi
Tebing Breksi berlokasi di selatan Candi Prambanan, dan berdekatan dengan Candi Ijo serta Kompleks Keraton Boko atau lebihnya bertempat di Sambirejo, Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55572. Lokasi wisata jogja ini buka setiap hari pada pukul 5.30-21.00.
  • Kaliadem
Kaliadem
Kaliadem 
Kaliadem terletak di Kinarejo, Hargobinangun, Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55582, buka setiap hari selama 24 jam. Destinasi wisata ini merupkan hasil bekasan atau dari akibat erupsi gunung merapi pada waktu itu. tempat ini merupakan salah satu favorit destinasi wisata jogja para pemuda untuk mendapatkan hasil foto yang bagus dan untuk memenuhi galery instagramnnya.
  • Hutan Mangrove Kulon Progo

Hutan Mangrove Kulon Progo adalah salah satu objek wisata jogja yang terkenal baru-baru ini. Hutan Mangrove berada di Dusun Pasir Mendit, Desa Jangkaran, Kecamatan Temon, Kabupaten Kulon Progo, Yogyakarta. Destinasi wisata ini berjarak sekitar 47 km dari titik nol, yang dapat ditempuh dalam waktu lebih kurang 2 jam.
  • Embung Nglanggeran

Embung Ngalnggeran dulunya adalah telaga buatan yang digunakan untuk menampung air hujan dan di manfaatkan untuk mengairi perkebunan petani saat terjadi musim kemaru. Namun saat ini ternyata Embung Ngalnggeran menjadi salah satu destinasi wisata jogja yang sering di kujungi loh, karena keindahaannya dan pemandaangan sekitar yang memanjakan mata.

Embung Ngalnggera terletak di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862 dan buka setiap hari selama 24 jam.
  • Bukit Pengilon

Bukit Pengilon terletak di Tepus, Purwodadi, Gunung Kidul, Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883.

Destinasi wisata yang sangat menarik di wilayah Gunung Kidul, Yogyakarta. Pemandangan dari atas bukit sangat indah. Terdapat banyak spot foto yang dibangun oleh warga sekitar. Jika ingin ke sini sebaiknya pada musim kemarau karena trek naik turun bukit sepertinya akan penuh lumpur jika musim penghujan, namun kelebihannya jika datang saat musim penghujan hamparan bukit akan terlihat hijau tidak seperti saat musim kemarau.
  • Pantai Watu Lumbung

Pantai Watu Lumbung terletak di Area Hutan, Balong, Girisubo, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55883. Pantai ini buka setiap hari dari pukul 06.00-19.00.

Menurutku pantai ini sangat cocok untuk para traveler, karena setelah sampai ditempat parkir. kita harus berjalan kaki menuju pantai ini. Pantai nya indah, banyak bulu babi, keong laut, bintang laut, dan juga ikan-ikan kecil. Masih sepi pengunjung. Air lautnya bening banget. Aku suka. Dan ada juga disana nelayan pake kapal. Mungkin kalau kapalnya bisa disewa akan menambah daya tarik lagi. Untuk akses jalannya sekitar 1,5 km dari jalan utama menuju pantai masih dalam tahap perbaikan. HTM nya jadi satu dengan pantai Wediombo dan Jungwok. Untuk tiket parkitnya 3000. Di sana juga sudah terdapat warung kecil.
  • Curug Pulosari

Curug Pulosari terletak di Krebet, Sendangsari, Pajangan, Krebet, Sendangsari, Kec. Bantul, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55751.

Tempat yang sejuk dipagi hari.. datang dimusim hujan adalah pilihan yang tepat untuk berwisata disini banyak air melimpah.. namung agak berkurang dimusim panas.. tempat ini terbilang masih sepi pengunjung dan tanpa retribusi untuk hari senin sampai jumat. hanya dikenai biaya parkir 3000 rupiah
  • Pantai Nglambor

Ada banyak sekali destinasi wisata pantai yang ada dikota jogja, salah satunya adalah pantai nglambor.

Pantai Nglambor terletak di Pantai, Purwodadi, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta. buka setiap hari untuk sabtu dan minggu mulai buka pada pukul 06.30-17.00 sedangkan hari lainnya senin sampai jumat buka mulai jam 07.00.

Pantai yang bersih dengan air jernih berwarna kebiruan dan pasir putih memanjakan mata wisatawan yang datang berkunjung kesini untuk mengisi hari libur
  • Kebun Teh Nglinggo

Kebun Teh Nglinggo terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta 55673. Destinasi wisata kebun teh ini buka setiap hari dari pukul 07.00-18.00.

Tempat yang cocok buat keluarga, buat para adventure atau istilahnya tempat outbound, juga tempat buat sekedar wisata. Di sini ada tiga kawasan yaitu gardu pandang, kebun teh nglinggo,juga kawasan outbound yang didominasi dengan hutan pinus juga ada warung-warung warga yang ngejual teh hasil dari perkebunan ada teh hitam teh putih teh hijau dan kita bisa beli di situ dan juga bisa nyeduh di situ juga.
  • Umbul Ponggok Klaten

Umbul Ponggok Klaten merupakan salah satu destinasi wisata air yang berada di jogja yang berlokasi di Jalan Delanggu-Polanharjo, No.Ds, Jeblogan, Ponggok, Polanharjo, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Destinasi wisata ini buka setiap hari dari pukul 08.00-16.00 sedangkan untuk minggu tempat ini tutup pukul 17.00.
  • Bukit Bintang Patuk

Bukit Bintang Patuk ini terkenal karena dengan pemandangan indah, terutama saat langit malam dipenuhi bintang. Bukit Bintang Jogja merupakan menjadi salah satu tempat favorit untuk nongkrong di Yogyakarta.

Bukit Bintang Patuk berlokasi di Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55792, tempat ini buka setiap hari selama 24 jam.

  • Malioboro

Malioboro sendiri terletak di Jalan Malioboro, Sosromenduran, Gedong Tengen, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta. sudah tidak bisa di pungkiri lagi bahwa tempat ini adalah salah satu destinasi wisata jogja kalau di bilang wajib di kunjungi jika berwisata ke jogja.
  • Titik Kilometer 0 Jogja

Sebenarnya tempat ini memang cuma berupa perempatan jalan. Tetapi biasanya dijadikan sebagai titik pusat untuk berbagai kegiatan, dari aksi damai, pertunjukan seni, sampai tempat untuk memajang karya seni. Di tempat ini akan sangat ramai pada saat malam minggu. hari biasapun tetap ramai tapi tidak seramai malam minggu.
  • Gumuk Pasir

Gumuk Pasir berlokasi di Jl. Pantai Parangkusumo RT. 1, Grogol 10, Kretek, Parangtritis, Pantai, Parangtritis, Kec. Kretek, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55772, tempat ini buka mulai pukul 07.00-18.00 setiap hari.

lokasinya dekat pantai parangtritis. harga tiket masuknya murah. disana bisa sand boarding layaknya bermain skate tp di padang pasir. waktu yang pas kesini adalah sore hari karena tidak panas dan bisa menikmati sunset di atas gumuk pasir.
  • Batu Giring

Batu Giring berlokasi di Jelok, Sambirejo, Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55893. Destinasi wisata jogja yang ini buka setiap hari selama 24 jam. 

Tempatnya sangat bagus dan  lumayan instagramable cocok untuk orang2 yang ingin foto dengan pemandangan yang anti-mainstream. Menurut saya lebih bagus bila ingin berfoto disini saat sore sambil menikmati sunset. Disana parkirannya luas, tapi hanya bus kecil yang bisa masuk. Bila mengunjungi batu giring, kita tidak dipungut biaya.
  • Pantai Ngandong

Pantai Ngandong berlokasi di Jalan Pantai Selatan Jawa, Sidoharjo, Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55881. Pantai Ngandong ini buka setiap hari selama 24 jam. Untuk HTM masuk ke pantai ini yaitu sebesar Rp 10.000.

Pasirnya putih, airnya jernih. Bisa duduk makan dipinggir laut. Makanannya tdk mengecewakan, silakan coba diwarung jogo Segoro, paling ujung deket pantai. Menunya macam2 seafood. Cobain teri goreng garing, Recommended banget.
  • Pantai Pok Tunggal

Pantai Pok Tunggal berlokasi di Desa Tepus, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta.  Pasirnya yang putih bersih, ombaknya yang bagus, dan saat surut, karangnya bisa disusuri sambil cari Bintang Laut, membuat selalu ingin kembali ke sini.
  • Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran salah satu destinasi tempat wisata terbaik di Jogja yang berlokasi di Nglanggeran Wetan, Nglanggeran, Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55862. Destinasi wisata jogja ini buka setiap hari selama 24 jam. Sangat cocok untuk wisata edukasi. Orang geografi, geologi kalian wajiib kesini
  • Jogja Bay Waterpark

Jogja Bay Waterpark merupakan sebuah Taman hiburan di area pegunungan berhutan dengan perosotan air raksasa, kapal bajak laut & atraksi lainnya. destinasi taman hiburan jogja ini berlokasi di Jalan Utara Stadion, Maguwoharjo, Depok, Jenengan, Maguwoharjo, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55281. Buka setiap hari senin-jumat buka pukul 09.00-17.00 sedangan sabtu minggu 08.00-17.00.
  • Hutan Pinus Sendangsari

Hutan Pinus Sendangsari berlokasi di Jalan Dlingo-Patuk, Pantirejo, Terong, Dlingo, Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55783. Destinasi Hutan Pinus di jogja ini buka setiap hari dari pukul 6.30-21.00.
Bantul menjadi salah satu destinasi paling hits di tahun 2017. namun di tahun 2018 spot-spot foto instagramable ini makin meriah deh dan makin banyak saja spot spot foto instagramable  di jogja ini.

Cukup sudah beberapa deretan destinasi wisata di jogja dari utara ke seletan yang kami rekomendasikan kepada anda, pada kali ini.


Belum ada Komentar untuk "23 Destinasi Wisata di Jogja Yang Wajib Anda Kunjungi "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel