√ Cara Membuat Ketupat Empuk, Lembut dan Tahan Lama

Ketupat identik dengan hari yang fitri. seolah olahan ini wajib ada menemani kita ketika hari fitri tiba sebagai hidangan wajib, kalau belum ada ketupat seperti belum lengkap. Lalu bagaimana cara membuat ketupat? berikut ini kami akan berikan ulasannya secara lengkap dan detail.
√ Cara Membuat Ketupat Empuk, Lembut dan Tahan Lama

Ketupat adalah makanan tradisional khas Indonesia yang di buat dari beras sebagai pengganti dari nasi. Ketupat yang bagus yaitu yang memiliki tekstur empuk, lembut dan tentunya tahan lama.
Ketupat sendiri memiliki beraneka bentuk yaitu:

  • Ketupat Bawang
  • Ketupat Pasar
  • Ketupat Jantung
  • Ketupat Sate
  • Ketupat Manggis
  • Ketupat Gong Do atau Ketupat Pringkil atau Ketupat Gongseng
  • Ketupat Kuda atau Jekikrek
  • Ketupat Guling
  • Ketupat Ikan
  • Ketupat Piramida
  • Ketupat Bantal atau Balok 7
  • Ketupat Sungu
  • Ketupat Kodok

Namun saat ini kami akan memberikan ulasan mengenai ketupat beberbentuk bawang, pasar atau sate yang familiar di lebaran, karena dalam membuat bungkus sampai ketupat praktis tidak ribet.

Pada dasarnya membuat ketupat itu mudah sama seperti membuat lontong namun berbeda pada cara membuat bungkus saja. Bagaimana cara membuat bungkus ketupat? berikut ini kami akan ulas.

cara membuat bungkus ketupat

Karena bungkus ketupat berpengaruh dengan hasil ketupat nanti setelah jadi, maka kita perlu memperhatikan bagaimana cara membuat anyaman bukus ketupat dengan benar. 

Berikut ini adalah cara cepat dan benar bikin anyaman ketupat berserta gambar dan video cara membuat anyaman ketupat.
  1. Pertama, Gulung sebagian janur atau daun kelapa muda sebanyak tiga kali dalam posisi pangkal janur berada di bagian atas. 
  2. Kedua, Ambil janur lagi dan gulung sebanyak seperti langkah pertama pada tangan yang lainya, tetapi dalam posisi pangkal di bagian bawah. 
  3. Ketiga, atur kedua gulung tersebut supaya saling menyilang dan tetap dalam posisi tergulung 
  4. Keempat, ambil ujung janur yang satu dan putar ke arah belakang rangkaian janur tadi. 
  5. Kelima, ujung janur yang sudah di putar ke arah belakang tadi letakan ke bagian janur yang berada di tengah rangkain janur.
  6. Keenam, anyam ujung tadi hingga bawah dan lakukan cara tersebut pada ujung jamur selanjutnya. 
  7. Jika sudah selesai sekarang pindah ke pangkal janur yang berada di samping lalu anyam ke atas, lakukan hal tersebut pada kedua pangkal janur.
  8. Selesai bungkus ketupat telah berhasil di buat
Jika masih binggung mengenai langkah langkah di atas berikut ini kami berikan langkah langkah membuat bungkus ketupat dengan gambar dan video apabila masih kebinggungan. 
cara membuat bungkus ketupat beserta dengan gambar
Masih binggung mengenai cara membuat bungkus ketupatnya berikut ini kami berikan dalam bentuk video. 
Sumber Video : Aqsol Madinah
Bagaimana masih binggung juga? silahkan baca dan lihat gambar atau video tersebut lebih teliti jika masih binggung.

Ketupat yang empuk, lembut dan tahan lama dalam membuatnya tidak sembarangan, jika sembarangan maka hasil yang di buat akan tidak tahan lama, bahkan bisa jadi keras. Sehingga tidak enak untuk di konsumsi. lalu bagaimana cara membuat ketupat praktis tapi memiliki hasil yang empuk, lembut dan tentunya tahan lama? berikut ini kami berikan ulasannya.

cara membuat ketupat praktis

Sekilas memang kelihatannya sangat mudah dan sederhana dalam membuat ketupat. Tapi apabila tidak mengetahui cara yang benar akan menjadi gagal. berikut ini kami berikan ulasan Cara membuat ketupat anti gagal. Sebagai berikut. 

Bahan dan Alat Membuat Ketupat

  • 1 kg beras putih
  • 10 buah bungkus ketupat lebaran 
  • 4 liter air
  • daun pandan secukupnya
  • kapur sirih secukupnya
Setelah semua bahan di atas sudah anda siapkan masuk pada langkah selanjutnya sebagai berikut.

Cara Membuat Ketupat Tradisional 

  1. Cuci beras hingga bersih
  2. Rendam beras dalam air bersih selama 3 jam
  3. Tiriskan beras lalu beri sedikit kapur sirih
  4. Didihkan air secukupnya dalam panci cukup untuk merebus ketupat yang akan di buat
  5. Masukan beras tadi ke dalam bungkus ketupat sebanyak 1/2 atau maksimal 2/3 bagian dari bungkus ketupat
  6. Rebus ketupat tadi selama 4 - 8 jam dengan posisi seluruh terendam dalam air mendidih (apabila air berkurang, tambahkan saja airnya)
  7. Angkat dan tiriskan ketupat
  8. Gantung ketupat yang sudah matang
  9. Ketupat sudah siap di sajikan di hari lebaran
 Itu dia cara membuat ketupat dengan mudah dan cepat. 

Tips Membuat Ketupat Anti Gagal dan Tahan Lama

Selanjut kali ini kami akan memberikan ulasan bagaimana cara membuat ketupat agar tahan lama. Sebenarnya pada cara di atas sudah terdapat tipsnya, namun berikut ini kami berikan lebih rinci bagaimana menjadikan ketupat tahan lama. 
  • Rendam Beras
Silahkan rendam terlebih dahulu beras yang akan di jadikan bahan membuat ketupat selama 1-3 jam. Setelah anda rebus tiriskan lalu beri dengan sedikit air kapus, supaya menjadi kenyal.

  • Isian Ketupat
Isilah bungkus ketupat dengan sebanyak 1/2 atau maksimal 2/3 bagian ke dalam bungkus ketupat. Sehingga hasil setelah di rebus ketupat akan padat penuh.

  • Menyiram dengan air dingin
Pada cara ini membuat ketupat menjaganya menjadi lebih awet atau tidak cepat basi dan berair. bagaimana caranya? jadi ketika ketupat sudah matang, segera siram dengan air dingin. Kenapa begitu karena saat menyiram dengan air dingin akan membersihkan lendir dari janur yang menempel pada ketupat yang telah makan, sekaligus menghilangkan sisa sisa air rebusan ketupat. 

Di atas adalah cara membuat ketupat agar tahan lama semoga dengan adanya cara di atas dapat membantu anda dalam mebuat ketupat tahan lama. 

Akhir kata
Semoga dengan adanya artikel cara membuat ketupat beserta dengan tips bikin ketupat yang empuk, lembut dan tahan lama dan juga cara membuat bungkus ketupat yang benar di atas dapat membantu sobat dalam membuat ketupat, sehingga dapat di sajikan di hari lebaran nanti. Sekian dan Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "√ Cara Membuat Ketupat Empuk, Lembut dan Tahan Lama "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel