Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Terbaru

Terdapat banyak cara membuat bootable usb flashdisk windows 10. Salah satunya anda bisa menggunakan aplikasi seperti rufus. Software rufus ini digunakan untuk bootable windows 10 ke flashdisk. Kenapa menggunakan rufus karena software ini sangat mudah di gunakan dan sangat cepat dalam proses bootable os ke flashdisk.
Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Terbaru

Sebelumnya saya ingin memberikan sedikit informasi mengenai apa itu bootbale flashdisk Sebagai berikut. 

Apa itu Bootable Flashdisk?

Bootable Flashdisk adalah suatu flashdisk yang berisi instalasi windows bisa windows 10, 8, 7 bahkan sistem operasi lainya seperti linux, debian dan lain sebagainya. Sedangkan rufus merupakan software yang digunakan untuk membuat bootable. Penjelasan lengkap mengenai rufus baca di bawah ini.

Apa itu Rufus?

Rufus adalah aplikasi atau software yang di gunakan untuk membuat USB seperti flashdisk tersebut menjadi bootable. Rufus support membuat bootable berbagai sistem operasi seperti windows, linux, unix, debian dan lain sebagainya. 

Akeo adalah developer dari rufus. Rufus ini merupakan suatu freeware atau yang bisa anda unduh secara gratis melalui website resmi rufus. Software ini juga tidak memiliki ukuran yang terlalu besar bahkan bisa di bilang minim yaitu hanya 1MB saja. 

Rufus versi terbaru yaitu 3.5 versi ini terakhir di perbaharui pada 2019.03.28. Rufus ini memiliki beberapa versi ada yang biasa dan portable dan ada versi lainnya. 

Daripada panjang lebar masuk pada topik utama yaitu bagaimana cara membuat bootable flashdisk windows 10 uefi maupun mbr dengan mudah simak di bawah ini. 

Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Terbaru

1. Siapkan File ISO Windows 10 dan Flashdisk

Langkah pertama anda perlu menyiapkan file iso windows 10 yang ingin anda install bisa anda download di situs remis microsoft. 

Tidak lupa menyiapkan flashdisk minimal 4GB rekomendasi 8GB karena terakhir saya menggunakan flashdisk 4GB tidak cukup alias tidak bisa melakukan bootbale windows 10. 

2. Buka Rufus

Bila anda belum mendownload rufus anda bisa mendownload software ini di situs resminya.
Setelah anda download langsung buka saja, karena tidak perlu melakukan instalasi. 

Setelah semua langkah di atas terpenuhi atau selesai lanjut pada tahap kedua cara membuat bootable usb flashdisk windows 10 menggunakan rufus. sebagai berikut 

Tancapkan Flashdisk ke Laptop atau PC

Buka software rufus

Buka rufus yang sudah di download tadi apabila sudah anda buka maka tampilan dari rufus sebagai berikut. 

Pilih ISO file windows 10

Ketiga yaitu silahkan anda pilih file ISO windows 10 yang sudah anda siapkan tadi dengan cara klik pada pilihan boot, lalu cari dimana file iso anda simpan jika sudah lalu open.

Lalu Start


Setelah anda start nanti terdapat notifikasi berupa pesan apakah anda yakin ingin membuat bootable karena jika iya maka semua file yang ada di flashdisk akan hilang. maka jika terdapat file penting atau document di flashdisk silahkan pindahkan terlebih dahulu. Jika sudah maka langsung click ok saja.

Kini anda tinggal menunggu proses pembuatan bootable USB flashdisk Windows 10 tersebut selesai.

Setelah proses bootable windows 10 selesai maka USB flashdisk anda siap di gunakan untuk install windows 10 ataupun keperluan install sistem operasi lainya. 

Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk

Pada kali ini kami tidak akan membahas mengenai cara install windows 10 menggunakan flashdisk. Apabila anda ingin mengetahui caranya bisa langsung baca pada artikel ini Cara Install Windows 10 Menggunakan Flashdisk.

NB: Cara ini bisa di gunakan untuk membuat bootable flashdisk windows 10, 8 dan juga 7 bahkan sistem operasi lainya.

Sekian dari kami mengenai Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Terbaru yang dapat kami berikan kepada teman teman sobat sabinara semoga dengan adanya artikel dapat membantu dan memudahkan sobat dalam melakukan bootable windows 10.

Related Keyword:

  • cara membuat bootable flashdisk windows 10 
  • cara membuat bootable flashdisk windows 8
  • cara membuat bootable flashdisk windows 7
  • cara membuat bootable flashdisk dengan rufus

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Bootable USB Flashdisk Windows 10 Terbaru"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel