Panduan Lengkap Sholat Tahajud, Niat, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Waktu

Panduan Lengkap Sholat Tahajud, Niat, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Waktu

Panduan Sholat - Pada artikel ini kami ingin memberikan informasi mengenai sholat tahajud. Apa itu sholat tahajud? bagi yang belum mengerti, Sholat tahajud adalah salah satu sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari. Sholat tahajud ini merupakan sholat yang luar biasa dan sangat istimewa. Lalu bagaimana tata cara sholat tahajud, niat, doa dan kapan waktu yang tepat untuk melakukannya?

Maka dari itu kami akan memberikan informasi yang akan kami bahas secara tuntas pada artikel ini mengenai sholat sunnah muakkadah ini. Dari panjang lebar masuk ke topik selanjutnya yaitu hukum sholat tahajud. berikut adalah penjelasannya. 

Hukum Sholat Tahajud

Hukum sholat tahajud yaitu sunnah muakkadah. Sunnah muakkad adalah sunnah yang sangat dianjurkan. Pada awalnya sholat tahajud ini di wajibkan untuk di laksanakan untuk semua muslim. Setelah kemudian turun perintah sholat 5 waktu. Sholat ini menjadi sunnah muakkadah sedangkan untuk rasullulah hukumnya tetap wajib melakukan, sehingga tidak pernah meninggalkan.

Niat Sholat Tahajud


niat sholat tahajud
Bacaan niat sholat tahajud latin dan artinnya:
Usholli sunnatat tahajudi rok’ataini lillahi ta’aalaa
Artinya: “Aku niat sholat sunnah Tahajud dua rakaat karena Allah Ta’ala”.

Bacaan Sholat Tahajud

Dalam melaksanakan sholat tahajud bacaan sholatnya sama seperti melakukan sholat sunnah lainnya yaitu membaca Surat Al Fatihah kemudian dilanjutkan membaca surat dari Al Qur’an. Membaca satu surat full sampai selesai lebih di utamakan daripada yang membaca satu halaman saja atau beberapa ayat dari satu surat panjang. 

Tata Cara Sholat Tahajud Lengkap

Sholat Tahajud dilakukan paling sedikit 2 (dua) raka'at dan paling banyak 12 raka'at. Seperti sholat sunnah lainnya, sholat tahajud ini di kerjakan setiap 2 raka'at melakukan salam.

Rasulullah mengerjakan sholat tahajud dengan 11 rakaat dan dilamnya termasuk juga witir, dan terkadang Rasulullah juga menjalankan shalat tahajud dengan 13 rakaat yang didalamnya termasuk dengan witir.

Berikut adalah Berikut tata cara sholat tahajud 2 rakaat lengkap:
  1. Mengucapkan Niat : Niat sholat tahajud ini di lafadzkan dengan lisan dan dii'tiqadkan atau di mantapkan dalam hati. untuk bacaan niatnya sudah kami lampirkan di atas. 
  2. Mengucapkan Takbir (Allahu Akbar) : Setelah membaca niat maka di lanjutkan dengan membaca takbir sambil tangannya di angkat ke atas.
  3. Membaca doa iftitah (sunah)
  4. Membaca Surat Al-Fatihah dan Surat Al Qur'an : Dilanjutkan dengan membaca surat al fatihah dan di lanjutkan dengan surat yang ada pada Al Qur'an yang telah di hafal bisa surat panjang atau surat pendek.
  5. Setelah itu melakukan sholat seperti pada umumnya rukuk, sujud sampai salam.

Itulah tata cara sholat tahajud lengkap beserta penjelasannya yang dimana sholat ini sama seperti sholat lima waktu namun di lakukan sebanyak 2 rakaat saja. Setelah mengucapkan salam, dianjurkan untuk berdzikir,

Doa Sholat Tahajud

Doa Sholat Tahajud
Doa Sholat Tahajud latin dan artinnya:
Allahahumma lakal hamdu angta qayyimus samaawaati wal ardhi wamangfiihinna walakal hamdu angta malikussamaawaati wal ardhi wamangfiihinna, walakal hamdu angta nuurus samaawaati wal ardhi wamang fiihinna, walakalhamdu angta haqqu, wa wadukal haqqu, waliqaa uka haqqun, wa qauluka haqqun, waljannatu haqqun, wannaaru haqqun, wannabiyyuuna haqqun, wa muhammadun shallallaahu alaihi wasallama haqqun, wassaa’atu haqqun, Allaahumma laka asalamtu, wabika aamangtu, wa alaika tawakkaltu, wa alaika anabtu, wabika khaashamtu, wa ilaika haakamtu, faghfirlii maaqaddamtu, wamaa akh khartu, wamaa asrartu, wamaa a’langtu, wamaa angta  a’lamu bihi minnii, angtal muqaddimu, wa angtal mu’akh khiru, laa ilaaha illaa angta, walaa haula walaa quwwata illaabillaah.

Arti dari doa diatas yaitu :

“Wahai allah, milikmulah segala puji, engkaulah penegak dan pengurus langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah penguasa raja langit dan bumi serta makhluk yang ada didalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah cahaya langit dan bumi serta makhluk  yang ada di dalamnya, milikmulah segala puji, engkaulah yang hak benar janjimulah yang benar, pertemuan denganmu adalah benar, perkataanmu benar, surga itu benar ada, neraka itu benar ada, para nabi itu benar, nabi muhammad saw itu benar, dan hari kiamat itu benar ada.

Wahai allah hanya kepadamulah aku berserah diri, hanya kepadamulah aku beriman, hanya kepadamulah aku bertawakkal, hanya kepadamulah aku kembali, hanya denganmulah kuhadapi musuhku, dan hanya kepadamulah aku berhukum, oleh karena itu ampunilah segala dosaku, yang telah kulakukan dan yang mungkin akan ku lakukan, yang kurahasiakan dan yang kulakukan secara terang terangan, dan dosa dosa lainnya yang engkau lebih mengetahuinya, dari pada aku, engkaulah yang maha terdahulu dan engkaulah yang maha terakhir, tak ada tuhan selain engkau, dan tak ada daya upaya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah”

Sebelumnya kami sudah pernah membahas mengenai bacaan doa sholat tahajud yang bisa anda baca di sini:

Baca Juga : Bacaan Doa Sholat Tahajud Beserta Tulisan Latin Dan Artinnya


Waktu Sholat Tahajud

WAKTU SHOLAT TAHAJUD

Waktu Menjalankan Sholat Tahajud:
1/3 malam pertama
Sholat tahajud dapat dijalankan pada waktu seperti malam pertama. Maksudnya yaitu rentan waktu setelah sholat isya sampai jam 22.00. Tapi harus di kerjakan dengan di awali tidur terlebih dahulu sejenak. 

1/3 malam kedua
Sepertiga malam kedua menjadi waktu utama menjalankan sholat Tahajud. Waktu sepertiga malam yaitu pada pukul 22.00 sampai 01.00.

1/3 malam ketiga 
Waktu sholat tahajud sepertiga malam ketiga yaitu di laksankan pada pukul 01.00 hingga sebelum memasuki waktu subuh.

Nah di atas informasi mengenai waktu dalam menjalankan sholat tahajud. 

Semoga artikel mengenai Panduan Lengkap Sholat Tahajud, Niat, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Waktu ini dapat bermanfaat bagi kita semua. Sekian dari kami apabila ada salah kata salah penulisan bisa ralat di kolom komentar di bawah ini terimakasih. 

Belum ada Komentar untuk "Panduan Lengkap Sholat Tahajud, Niat, Doa, Bacaan, Tata Cara dan Waktu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel