Pengertian Kewirausahaan Beserta Ciri-Ciri, Tujuan dan Manfaat Berwirausaha

Pengertian Kewirausahaan atau Wirausaha secara umum

Pengertian Kewirausahaan atau Wirausaha secara umum yaitu suatu proses pengindetifikasi, pengembangan dan membawa visi dalam kehidupan. Visi tersebut bisa berupa ide inovatif, peluang serta cara yang lebih baik dalam menjalankan sesuatu yang berguna bagi masyarakat sekitar untuk digunakan. 
Pengertian Kewirausahaan

Kewirausahaan sendiri terdiri dari dua kata yaitu "wira" dan juga "usaha", yang dimana arti dari Wira yaitu suatu keberanian. Sedangkan untuk kata usaha yaitu mengandung arti dalam suatu tindakan dalam membangun bisnis. Dalam kalimat diatas kita bisa memaknai bahwa Kewirausahaan merupakan suatu keberanian pada individu untuk melakukan sesuatu tindakan dalam membangun bisnis.

Nah diatas adalah pengertian secara umum, kali ini kami ingin memberikan informasi mengenai pengertian kewirausahaan menurut para ahli.

Pengertian Kewirausahaan Menurut Para Ahli

#1. Drs. Joko Untoro 
Pengertian kewirausahaan merupakan suatu keberanian untuk melakukan upaya memenuhi kebutuhan hidup yang dilakukan oleh seseorang atau individu, berdasar pada kemampuan dengan menggunakan dan manfaatkan segala potensi yang dimiliki untuk menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi dirinya maupun orang lain.

#2. Robbin & Coulter
Pengertian kewirausahaan merupakan suatu proses dalam mencari peluang dan menciptakan sesuatu yang baru dan inovatif secara terencana dan terorganisisir. Usaha yang diciptakan memiliki suatu tujuan untuk memenuhi kebutuhan banyak orang bukan individu. 

#3. Soeparman Spemahamidjaja
Pengertian kewirausahaan merupakan suatu kemampuan atau ability dalam berfikir kreatif dan berperilaku inovatif yang dijadikan dasar, sumber daya, tenaga penggerak tujuan, siasat kiat dan proses dalam menghadapi tantangan hidup.

#4. Eddy Soeryanto Soegoto
Pengertian kewirausahaan merupakan melakukan upaya yang kreatif dengan berdasarkan pada inovasi untuk menghasilkan sesuatu yang memiliki nilai, mempunyai manfaat dan juga menciptakan lapangan kerja bagi orang lain. 

#5. Thomas W Zimmerer
Pengertian kewirausahaan merupakan suatu penerapan keinovasian dan kreativitas untuk melakukan pemecahan masalah & memanfaatkan berbagai peluang yang dihadapi orang lain setiap hari.

#6. Peter F Drucker
Pengertian kewirausahaan merupakan suatu kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru dan berbeda (ability to create the new and different).

#7. Ahmad Sanusi
Pengertian Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diwujudkan dalam tindakan yang dijadikan sebagai sumber daya, tenaga penggerak, tujuan, kiat, siasat, proses dan hasil bisnis.

#8. Raymond
Pengertian Wirausaha merupakan seseorang yang inovatif, kreatif dan mampu mewujudkanya kreatifitasnya agar meningkatnya kesejahteraan diri di lingkungan dan masyarakat sekitar.

#9. Soeharto Prawiro
Kewirausahaan merupakan suatu nilai yang diperlukan atau dibutuhkan untuk bisa memulai usaha dan mengembangkan usahanya.
Ciri-Ciri Orang Jiwa Wirausaha

Ciri-Ciri Orang Jiwa Wirausaha

Apabila seseorang ingin melakukan suatu tindakan dalam suatu bisnis entah online maupun offline diri mereka sendiri harus memiliki jiwa kewirausahaan. kenapa karena ada orang mengatakan, seorang dikatakan wirausaha, apabila seorang tersebut telah memiliki atau memenuhi dari definisi kewirausahaan. 

Dari kalimat diatas seorang wirausaha memiliki ciri tersendiri yaitu percaya diri, selalu berorientasi pada tugas dan hasil dan masih banyak lagi yang akan kami bahas dibawah ini. Berikut Beberapa  ciri-ciri seorang wirausaha.

#1. Berjiwa Pemimpin
Jiwa kepemimpinan mesti dipunyai oleh seseorang wirausaha. Dengan adanya jiwa pemimpin tersebut maka bisa mengembangkan usaha mereka supaya menjadi lebih maju dan berkembang.

#2. Berjiwa Pemberani
Sesorang wirausaha harus memiliki keberanian yang tinggi dalam berbagai hal. Dengan memiliki jiwa pemberani tidak akan takut mengenai resiko kegagalan yang dapat ia hadapi sewaktu waktu di saat menjalankan bisnisnnya. maka dari itu seseorang yang ingin terjun ke dunia bisnis harus memiliki jiwa pemberani. 

#3. Mempunyai Semangat dan Kemampuan Keras
Seorang wirausaha harus memiliki semangat dan kemampuan yang tinggi, tujuannya apa kenapa wirausaha haru memiliki semangat dan kemampuan keras, yaitu tujuannya suapa memiliki rasa percaya diri terhadap apa yang dikerjakan dan akan membawanya terhadap keberhasilan. Adanya kemauan yang keras membuat seseorang bertekad kuat untuk mewujudkan apa yang diinginkannya.

#4. Memiliki Analisis yang Tepat
Seorang dikatakan wirausaha apabila ia memiliki pengetahuan yang cukup tepat hanya untuk membatu ataupun menganalisi dengan sangat cepat dan tepat, dan diusahakan hasil dari analisinya tersebut mendekati nilai 100%.

Contoh seorang wirausaha memperhitungan kerugian, keuntungan, dan persaingan dalam berbisnis agar supaya bisnisnya tetap bertahan dengan itu seorang wirausaha harus memiliki kemampuan analisis yang tepat. 

#5. Berorientasi pada masa depan 
Seorangan wirausaha harus inovatif dan kreatif supaya produk yang diproduksi oleh bisnisnya dapat berjuang menerjang pasar supaya apa? supaya bisnis tersebut tidak tertinggal seiring waktu maka dari itu seorang wirausaha harus berorienasi pada masa depan.

#6. Membuat Keputusan dan Melaksanakannya
Seorang wirausaha harus memiliki keberanian dalam membuat keputusan dan melakasakannya. dalam membuat keputusan dengan cepat dengan hasil yang tepat merupakan salah satu ciri yang harus dimiliki seorang wirausaha.

#7. Tidak Konsumtif
Seorang wirausaha harus tidak konsumtif, untuk seorang wirausaha harus konsumsinya lebih sedikit dari penghasilnnya. 

Ciri-Ciri Kewirausahaan

#1. Yakin terhadap produk yang dimiliki
#2. Mengenal banyak produknya
#3. Tidak berdebat dengan calon konsumen
#4. Komunikatif dan negosiasi ramah dalam pelayanan
#5. Santun, jujur dan berani
#6. Menciptakan transaksi

Tujuan Kewirausahaan

Seorang yang berwirausaha pasti mempunyai suatu tujuan yang ingin ia gapai selama berwirausaha. Selain berwirausaha untuk dirinya sendiri, seorang wirausaha melakukannya juga untuk kepentingan orang lain juga, nah berikut adalah tujuan kewirausahaan yang akan kami berikut dibawah ini.
  • Menciptakan lapangan kerja baru bagi orang lain dan juga membantu merekan menjadi seorang pengusaha mandiri. 
  • Menularkan dan juga mengembangkan semangat berwiriusaha terhadap orang lain.
  • Membantu para pengusaha muda untuk berkreasi dan berinovasi dalam bisnisnya.
  • Meningkatkan kesejahteraan pribadi dan juga kesejahteraan masyarakat yang berada disekitar usaha yang dijalankan. 
  • Menumbuhkan dan juga mengembangkan kesadaran beserta orientasi kewirausahaan yang kokoh.
  • Bertekad dan berusaha untuk meningkatkan jumlah para wirausaha yang baik.
  • Meningkatkan jaringan bisnis baru supaya dapat menyerap banyak tenaga kerja di sekitarnya.
diatas adalah beberapa tujuan dari kewirausahaan yang dapat kami berikan kepada anda. 

Manfaat Kewirausahaan

Pasti suatu kegiatan atau tindakan memiliki suatu manfaat seperti halnya kewirausahaan, kewirausahaan juga memiliki manfaat segudang dimana dalam melakukan kewirausahaan membutuhkan waktu panjang, nah berikut adalah beberapa manfaat kewirusahaan terdapat individu.
  • Memperoleh Kontrol atas Kemampuan Diri
  • Memanfaatkan potensi dan melakukan perubahan
  • Memperoleh manfaat finansial tanpa batas
  • Memiliki kemampuan dalam berwirausaha
  • Mempunyai Pengalaman
  • Mengerti tata cara berwirausaha yang baik
  • Memeliki informasi dan pengetahuan lebih banyak mengenai kewirausahaan
Diatas adalah beberapa manfaat dari kewirausahaan yang dapat kami berikan kepada anda.

Demikian informasi mengenai pengertian kewirausahaan, ciri-ciri kewirausahaan, tujuan kewirausahaan dan juga manfaat kewirausahaan secara singkat dan padat yang dapat kami berikan kepada anda semoga bermanfaat dan berguna bagi anda yang ingin membangun bisnis dari awal.

Belum ada Komentar untuk "Pengertian Kewirausahaan Beserta Ciri-Ciri, Tujuan dan Manfaat Berwirausaha"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel