12 Tips Rahasia Lulus Tes CPNS Dengan Mudah

Lulus tes cpns bukan merupakan hal yang mudah karena untuk menjadi seorang abdi negara harus mempersiapkan matang matang agar anda bisa di terima di cpns. Mengingat dari sekian ribu pendaftar cpns yang lolos hanya sekian persen, yang dimana itu mengartikan bahwa persaingan untuk masuk di menjadi abdi negara tidak lah mudah, alias membutuhkan perjuangan.
12 Tips Rahasia Lulus Tes CPNS Dengan Mudah
12 Tips Lulus Tes CPNS Dengan Mudah

Namun sebelum memasuki ke tips lulus tes cpns ada baiknya kita mengetahui apa sih itu cpns dan apa sih itu pns, pasalnya banyak masyarakat mengira jika kita lolos tes cpns maka otomatis akan lolos dan menjadi pns. berikut adalah pengertian atau informasi mengenai cpns dan pns.

CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) adalah peserta yang dinyatakan lulus tes seleksi penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil tahap pertama dan mendapatkan nomor identitas pegawai negeri sipil (PNS).

PNS (Pegawai Negeri Sipil) adalah peserta cpns yang telah lolos pada masa percobaan yang kurang lebih 1 tahun paling lama 2 tahun, dan sudah memenuhi persyaratan untuk lolos menjadi pegawai negeri sipil. apa saja persyaratan lolos menjadi pns (pegawai negeri sipil) sebagai berikut:
  • Setiap unsur penilain prestasi kerja bernilai baik.
  • Telah lolos syarat kesehatan dan rohani.
  • Lulus pendidikan dan pelatihan prajabatan.
  • Memiliki sertifikat yang menyatakan kelulusan mereka dalam kegiatan tersebut.
  • Pencapaian daftar penilaian pelaksanaan pekerjaan (DP3) dengan predikat nilai minimum yang telah ditentukan pemerintah.
Dari informasi di atas maka bisa kita simpulkan bahwa untuk lolos atau menjadi pegawai negeri sipil (pns) tidak hanya sekedar lolos tes cpns melainkan ada beberapa persyaratan lagi agar bisa menjadi sah mengabdi kenegara. dan juga informasi lagi bahwa ketika anda masih dalam masa percobaan cpns anda tidak menerima full gaji 100% melainkan hanya menerima 80% yang nantinya akan menjadi 100% bila sudah menjadi PNS.

Masuk ke materi selanjutnya setelah tadi perbedaan antara cpns dan pns, sekarang masuk ke apa saja Jenis Seleksi Kompetensi Dasar(SKD) CAT CPNS 2018, menurut informasi yang kami terima di tes calon pegawai negeri sipil ini ada tiga yaitu:
#1. Tes Karakteristik Pribadi (TKP)
#2. Tes Wawasan Kebangsaan (TWK)
#3. Tes Intelegensia Umum (TIU)
nah untuk tips lulus test skd cpns akan kami bahas di bawah semua secara kupas dan tuntas.

Untuk lulus test cpns memang tidak mudah bahkan ada peserta yang menghalalkan segara cara untuk lulus tes cpns, tak kala ada yang menggunakan orang dalam atau bahkan ilmu yang tidak tau apa itu namanya, namun kali ini kami ingin memberikan anda sedikit tips lulus tes cpns dengan mudah dan halal tanpa harus berbuat curang.

Tips Agar Lulus Tes Cpns versi bimamedia.com:
#1. Berdoa
Berdoa lah sesuai kepercayaan masing masing supaya anda di mudahkan dalam mengerjakan dan lolos tes cpns yang anda lakukan.

#2. Pilih Instansi
Pertama sebelum anda mendaftar cpns silahkan anda cari dahulu mengenai instansi apa yang akan anda daftar, jika anda mendaftar di instansi yang peminatnya banyak maka persaingan anda akan semakin berat untuk lolos cpns dan juga jangan asal Ikut tes CPNS tapi tidak sesuai dengan Pendidikan Sahabat

#3. Lamaran CPNS
Jangan abaikan lamaran cpns anda, buatlah lamaran cpns anda susuai dengan peratuaran yang ada. karena lamaran sobat juga menjadi pertimbangan untuk lolos cpns loh, jadi jangan asal kirim lamaran ya.

#4. Kenali Tahap Ujian
Dalam tahap ujian cpns ada beberapa tahap secara umum ada 2 tahap yaitu (Tes Kemampuan Dasar) TKD dan (Tes Kemampuan Bidang) TKB, pada hal ini tes TKB merupakan tanggung jawab dari instansi dari tes tersebut maka dari itu formasi dan jenis tes berbeda. sedangkan tes TKD merupakan tes yang wajib di ikuti oleh peserta.

#5. Mengenal Computer Assisted Test (CAT)
Computer Assited Test (CAT) merupakan suatu metode seleksi yang dimana seleksi ini tidak lagi menggunakan kertas melainkan menggunakan komputer untuk mendapatkan standar minimal kompetensi dasar bagi pelamar CPNS. Pada test model seperti ini soal yang akan diberikan pada setiap peserta akan berbeda maka peserta tidak akan bisa berbuat curang menoleh kanan kiri.

#6. Mencoba Simulasi Tes CAT
Berusaha lah mencoba simulasi CAT agar anda tidak binggung saat anda pertama kali mengikuti ujian berbasis komputer, karena bisa jadi ada peserta yang tidak tau sama sekali atau pernah mengikuti proses ujian menggunakan komputer. jika seperti itu bisa kemungkinan mengurangi waktu anda saat mengerjakan jika ttidak cara itu cara itu pada saat ujian cat.

#7. Latihan Soal
Layaknya seperti tes tes lain seputar pendaftaran yang membutuhkan ilmu seperti UN, SBMPTN dan lain sebagainya maka para peserta di anjurkan untuk berlatih soal sebanyak mungkin. karena soal soal yang berada di tes itu tidak akan jauh beda dengan soal soal tes cpns sebelumnya. Pelajari dengan rajin semua contoh soal-soal tes CPNS pada tes CPNS tahun lalu, jika perlu anda bangun jam 04.00 Pagi, saat semua ternyenyak tidur, kalian belajar untuk mencapai cita cita anda lolos cpns.

#8. Siapkan Mental
Jika anda sudah mendapatkan waktu dan jadwal melakukan tes cpns maka siapkan lah mentalmu matang matang untuk menghadapi tes tersebut agar anda bisa mengerjakannya secara maksimal.

#9. Mengerjakan Soal
Sedikit cara lulus tes cpns yaitu dengan mengerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, jadi jangan sampai anda berkutat pada 1 soal yang membuat anda menjadi stuck disana dan akhir kehabisan waktu, maka dari itu kerjakan soal yang mudah terlebih dahulu, lupakan soal yang susah terlebih dahulu.

#10. Tenang Saat Mengerjakan Soal
Usahakan anda mengerjakan soal dengan tenang, karena dengan tenang anda bisa focus dan lancar mengerkan, sebalikannya jika anda tidak tenang maka pikiran anda akan buyar dan lupa apa yang sudah pelajari dan tidak bisa mengerjakan soal tersebut.

#11. Teliti Ulang Setelah Selesai
Usahakan teliti ulang soal yang sudah di kerjakan sampai anda yakin bahwa jawaban anda itu benar.

#12. Minta Doa Orang Tua
Usahakan meminta orang tua mendoakan kita agar bisa lolos tes cpns walaupun kita tidak mintapun pasti orang tua mendoakan yang terbaik untuk anaknya.

Nah setelah anda mengikitu tips di atas silahkan tunggu pengumuman dan semoga saja diterima tes cpns tersebut, apabila tidak diterima jangan berkecil hati coba lah lain kali.

Nah diatas 12 Tips Rahasia Lulus Tes CPNS Dengan Mudah yang saya dapatkan dari berbagai sumber informasi dan juga teman saya yang sudah lolos cpns dan sekarang sudah menjadi cpns. Sekian dan Terimakasih.

Belum ada Komentar untuk "12 Tips Rahasia Lulus Tes CPNS Dengan Mudah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel